Manajemen Media Massa : Sebuah Pengantar

12:21 PM

Manajemen dan Media Massa, dua kata yang sekarang ini tak jarang lagi didengar bukan? Tapi Manajemen Media Massa sebagai suatu kesatuan mungkin tak banyak yang tahu. Pertama, mari kita lihat dulu pengertian Manajemen dan Media Massa itu sendiri.


Manajemen merupakan sebuah proses untuk mencapai tujuan bersama suatu organisasi dengan cara mengelola sumber daya yang dimiliki. Sedangkan Media Massa memiliki pengertian sebagai alat untuk menyampaikan pesan kepada khalayak banyak secara serentak. Contohnya seperti televisi, surat kabar dan majalah. 

Jadi, apa sih Manajemen Media Massa itu? 

Dari kedua pengertian di atas, dapat disimpulkan kalau Manajemen Media Massa merupakan proses untuk mencapai tujuan bersama suatu organisasi media massa dengan cara mengelola sumber daya yang organisasi tersebut miliki. 

Tujuan tersebut dapat dirincikan mulai dari yang paling besar, yaitu Visi, Misi, dan Tujuan yang merupakan tujuan yang paling mungkin untuk diwujudkan. 

Nah, tentunya ada perencanaan-perencanaan yang dilakukan oleh perusahaan/organisasi untuk mencapai tujuan bersama itu. Perencanaan ini pastinya akan berjalan bersamaan dengan pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan akan berpengaruh pada perencanaan pencapaian tujuan ini. 

Ada kalanya dalam sebuah rencana ditemukan sebuah penghalang. Untuk menghindari hal ini, perusahaan harus mengambil langkah taktis. Ini merupakan sebuah rencana yang sedikit menyimpang dari rencana awal untuk melewati rintangan itu. Setelah terlewati, rencana harus segera kembali ke rencana awal, tidak boleh menyimpang terlalu jauh.

Ah, sekian dulu tulisan saya tentang Manajemen Media Massa. Di postingan berikutnya, saya akan kembali lagi membahas tentang organisasi media massa itu sendiri. 

You Might Also Like

0 comments

Subscribe