Manajemen Media Massa: Organisasi Media Massa

3:41 PM

Seperti yang kita bicarakan di postingan sebelumnya, Manajemen Media Massa pasti memiliki hubungan dengan organisasi media massa. Organisasi media massa atau perusahaan media massa merupakan organisasi atau perusahaan yang bergerak dalam mengelola media massa. Contohnya seperti perusahaan surat kabar, penyiaran televisi dan juga radio.

Struktur organisasi atau perusahaan media massa dapat dikatakan sedikit berbeda dengan perusahaan lain. Struktur organisasi perusahaan surat kabar saja berbeda dengan struktur organisasi perusahaan radio atau penyiaran televisi.

Struktur organisasi dalam perusahaan media cetak dimulai dari kekuasaan terbesar yang dipegang oleh pemimpin umum. lalu, perusahaan dibagi menjadi dua bagian, yaitu perusahaan dan redaksi. keduanya masing-masing dipimpin oleh pemimpin perusahaan dan pemimpin redaksi.

Pemimpin perusahaan bertanggung jawab atas segala yang dikerjakan dalam perusahaan. artinya, bagian 'perusahaan' dalam organisasi adalah mengatur segala hal yang berkaitan dengan hubungan organisasi, internal maupun eksternal. Pembagian divisi dalam perusahaan juga sama seperti perusahaan pada umumnya, seperti keuangan, pemasaran, internal, dan HRD.

Pemimpin redaksi bertanggung jawab atas kegiatan redaksi. Redaksi sendiri bertugas untuk membuat konten dari produk, dalam arti lain, bertanggung jawab atas produksi produk media cetak. Berita atau artikel yang akan masuk ke dalam media cetak akan diperiksa terlebih dahulu oleh redaktur. Setelah oke, baru dibawa ke pihak pracetak, yang akan mengatur tata letak atau layout dari media cetak yang akan diproduksi sebelum dibawa ke percetakan.

Bedanya dengan perusahaan penyiaran televisi dan radio adalah adanya tambahan divisi selain perusahaan dan redaksi. Perusahaan penyiaran seperti televisi dan radio memiliki satu tambahan divisi, yaitu divisi produksi. Berbeda dengan halnya media cetak yang mana konten dan layout dikerjakan pada bagian redaksi, siaran ditangani oleh divisi produksi.

Divisi ini menangani masalah teknis seperti halnya peralatan, pencarian talent, penyiar, rundown dan lainnya yang berhubungan dengan kata "On Air".

You Might Also Like

0 comments

Subscribe